Home Serba-serbi Widih! Esports Indonesia Udah Diakui Sebagai Cabang Olahraga Prestasi, Apa Dampaknya?

Widih! Esports Indonesia Udah Diakui Sebagai Cabang Olahraga Prestasi, Apa Dampaknya?

-

Woooy, ada kabar gembira nih. Hasil rapat virtual yang dilakukan dari tanggal 25 – 27 Agustus 2020 kemarin, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi menyatakan sudah mengakui esport sebagai salah satu cabang olahraga prestasi di Indonesia.

Secara gampangnya, nantinya esports dan berbagai hal yang berhubungan dengan esports akan berada di bawah pemerintah secara langsung. KONI dan Kemenpora akan bekerja sama untuk mengurusi esports.

Terus apa dampaknya kalau esports sudah diakui oleh KONI kayak gini, Bang Momoy? Ya banyak lah dampaknya. Mungkin biar gampang dipahami, saya bikin jadi listing aja kali ya? Kawan-kawan bisa lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Esports Jadi Bagian Kompetisi Olahraga Nasional

Yang paling mungkin terjadi adalah di masa depan, esports bakal jadi bagian kompetisi olahraga nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Saat ini KONI sudah menunjuk PB Esports Indonesia (PBESI) sebagai lembaga resmi bentukan pemerintah tertinggi buat menaungi esports.

 

View this post on Instagram

 

Esports News ! Esports Indonesia dibawah Kepemimpinan Ketua Umum Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. dan Ketua Harian Indonesia Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. sudah resmi menjadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia sesuai UU yang berlaku di Indonesia 🇮🇩 . Dengan resminya Esports di Indonesia sebagai Cabang Olahraga Prestasi dibawah naungan PB ESI , kami akan berfokus kepada Visi dan Misi Utama kami di ranah Olahraga Esports di Indonesia, yaitu mencari bibit-bibit unggul di Indonesia yang siap berkompetisi di Nasional dan Internasional, Memajukan Esports Tanah Air, Bertugas dan Bertanggung jawab sebagai Organisasi yang menaungi seluruh Ekosistem Esports di Indonesia yg lebih terarah lagi sesuai dengan Visi dan Misi kami bersama, Jayalah Esports Indonesia ! Jangan lewatkan informasi terbaru mengenai perkembangan Esports Indonesia dalam akun sosial media kami. #PengurusBesarEsportsIndonesia #PBESI #JayalahEsportsIndonesia #EsportsNews #EsportsLife #EsportsOrganization

A post shared by PBESI (@pbesi_official) on

2. Esports Dilindungi Undang-undang

Karena sudah diakui oleh pemerintah, wajar kalau esports sudah punya semacam perlindungan hukum. Kita bicara tentang hukum dan peraturan yang mengacu pada Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang keolahragaan nasional.

3. Esports di Indonesia Bisa Lebih Fair

Karena udah ada landasan hukumnya, segala macam kecurangan dalam esports tentu saja bakal ada sanksi atau hukumannya sendiri. Jadi segala bentuk kecurangan yang mungkin terjadi dalam sebuah turnamen esports, entah itu skandal yang terjadi, match fixing, pouching pemain, atau apapun itu, bakal bisa diminimalisir.

4. Perkembangan Esports Tanah Air Lebih Terjamin

Dengan adanya perlindungan dari KONI, Kemenpora, dan PBESI, bisa dipastikan nantinya industri esports bakal bisa lebih berkembang lagi. Gak cuma itu aja, pencarian talenta muda buat jadi atlet esports juga bakal lebih terjamin dan tentunya lebih aman. Nah, buat kawan-kawan yang punya cita-cita buat jadi atlet esports, ini kabar bagus, bukan?

Gimana nih menurut kawan-kawan tentang perkembangan esports yang makin oke aja di negara kita ini? Kalau punya opini sendiri, silakan tuliskan di komentar di bawah aja, ya?

Momoyhttps://momoyandroidgamer.com
Seorang pria yang biasa-biasa saja. Asal dari Jogja. Sudah berkeluarga. Sudah memiliki satu putra. Main game Android dan blogging merupakan kegemarannya. ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BACA JUGA

6 Game Android Offline Jadul dengan Grafik Keren

0
 Walaupun saya bukan tipe gamer yang mendewa-dewakan grafik, tapi gak bisa dipungkiri, grafik itu salah satu faktor yang menentukan sebuah game itu menarik atau...

FOLLOW US

627FansLike
1,357FollowersFollow
296,000SubscribersSubscribe