Home Review Review Dragon Raja – Game Android MMORPG Terbaik dan Terkeren 2020

Review Dragon Raja – Game Android MMORPG Terbaik dan Terkeren 2020

-

Wuyeeee, artikel kali ini agak-agak berbeda ya karena saya gak bahas rekomendasi 6 game dulu. Di artikel ini saya pengen membahas, mereview, mengupas, menguliti, dan nglothoki game sebuah game yang mantep buanget!

Benernya kebetulan ini saya juga dimintai tolong sama developernya buat mereview dan mempromosikan game ini. Yap, game-nya adalah Dragon Raja. Sebuah game MMORPG yang udah banyak banget diperbincangkan khususnya para penggemar MMORPG.

Saya berani bilang deh, buat tahun 2020 ini, Dragon Raja adalah salah satu game MMORPG terbaik karena berbagai aspek di dalamnya, terutama buat urusan fiturnya yang wih, uakeh banget alias banyak banget. Ntar kita bahas deh aspek gamenya satu persatu. Yuk, langsung kita cuss ke review Dragon Raja ini.

Overview

Sedikit overview tentang Dragon Raja, game ini punya genre MMORPG dan didevelop oleh Zloong yang kemudian berganti nama menjadi Archosaur Games. Kualitas game ini beneran memukau banget deh dari berbagai aspek dan menurut saya Dragon Raja adalah salah satu game yang berhasil mengoptimalkan potensi Unreal Engine 4 di platform mobile.

Karena game ini genrenya MMORPG, tentu saja statusnya online. Alias butuh koneksi internet buat memainkan game ini. Saat ini gamenya belum rilis ya di PlayStore Indonesia. Statusnya masih pra-registrasi. Kalian bisa pra-registrasi game ini melalui link yang udah saya sediakan di bawah artikel ini.

Kalau gamenya masih pra-registrasi, kok bang Momoy udah bisa mainin? Hehehe, ya kayak yang saya bilang tadi, saya dimintai tolong sama developernya buat mereview game ini. Jadi saya dikasih akses buat mainnya dulu. Yang kemaren-kemaren saya pernah bahas Dragon Raja dan saya kasih link melalui TapTap itu masih server Amerika dan Eropa, ya? Jadi ada kemungkinan ping-nya ngelag kalau dimainin di Indonesia.

Nah, yang lagi pra-registrasi dan lagi saya bahas ini adalah server South East Asia alias Asia Tenggara. Dan memang pingnya lancar banget. Terlebih lagi, katanya nanti kalau yang server Asia Tenggara ini udah meluncur, game ini bakal punya opsi Bahasa Indonesia lho. Mantep to?

Ukuran download game ini, berdasarkan akses khusus yang dikasih developernya ke saya adalah 1,54 GB. Ukuran download ini bisa jadi berubah kalau gamenya beneran udah rilis nanti. Dan pas saya cek, ukuran full instalasinya adalah 5,29 GB. Agak-agak besar ya? Tapi percayalah, dengan ukuran sebesar itu, konten yang ditawarkan game ini amat sangat kaya. Nanti deh kita bahas lebih jauh lagi.

Untuk spesifikasi hape buat memainkan Dragon Raja ini, kalau saya cek sih minimal hape RAM 2GB dengan processor Snapdragon 660 atau setara. Tapi buat amannya, biar mainnya lancar, kalau menurut saya sih spek game ini hape RAM 4GB dengan processor Snapdragon 712.

Nantinya kalau udah rilis, kalau gak ada perubahan, kalian bisa login ke game ini dengan menggunakan akun Facebook atau Google kalian kok. Jadi harusnya gak ada masalah sama urusan login ini.

 

Gameplay

Sebenarnya kalau urusan gameplay, Dragon Raja ini ya masih sama sih dengan game-game MMORPG yang lainnya. Intinya kalian akan berpetualang di dunia open world dan kalian bisa berinteraksi dengan player-player yang lain. Kalian bakal bertarung dengan banyak musuh dan ada boss juga. Selebihnya ya kurang lebih masih sama dengan game MMORPG kebanyakan.

Gameplay Bertarung Dragon Raja

Hanya saja, game Dragon Raja ini punya seabreg kelebihan karena gameplay-nya gak melulu tentang ngegebukin dan menghajar musuh aja. Ada banyak banget fitur gameplay yang bisa kalian nikmati dan bikin gamenya jadi terasa tambah kaya, dinamis, dan gak ngebosenin dibandingkan game MMORPG lain. Buat lebih lengkapnya ntar kita bahas masalah fitur-fitur gameplay di aspek fitur aja ya?

Yang jelas, di game ini kalian akan punya banyak quest untuk dilakukan. Ada quest utama yang berkutat dengan storyline di game ini yang beneran keren banget buat diikuti. Dan ada juga quest tambahan yang bisa kalian jalani buat mendapatkan rewards, membuka fitur baru, atau sekedar buat meningkatkan level karakter kalian aja.

Untuk mempermudah gameplaynya, game ini ada auto-nya ya? Auto buat pathing alias jalan otomatis ke lokasi quest dan ada juga auto battle. Tapi kalau kalian gak suka ya tinggal matiin aja to auto-nya?

 

Grafik

Nah, ini nih, salah satu aspek unggulan dari Dragon Raja ini. Grafik game ini bener-bener memukau banget. Baik itu dari desain environmentnya, karakternya, efek-efeknya, semuanya joss banget lah. Kayak yang saya bilang tadi, Dragon Raja seolah-olah berhasil menggunakan Unreal Engine 4 ke level yang lebih tinggi lagi.

Hanya dengan aspek grafik ini aja, Dragon Raja berhasil mendapatkan pujian dari berbagai pihak termasuk dari banyak kritikus dan website tentang game yang kredibel. Sebut aja Gamezebo yang memberikan rating 4,5 dari skala 5 untuk aspek grafik Dragon Raja ini.

Grafik Dragon Raja yang Memukau

Beneran deh, ketika kalian mainin game ini, kalian bakal dimanjakan banget matanya. Saya suka banget gimana desain dunia di game ini berhasil dibikin dengan amat sangat hidup. Dan lokasinya juga beragam banget. Ada lokasi sekolah yang keren banget yang berhasil memadukan unsur futuristik dan alam. Terus ada juga berbagai kota yang diadaptasi buat dijadikan latar di game ini. Sebut saja kota Tokyo lengkap dengan gedung-gedungnya dan lalu lintasnya. Dan itu baru satu contoh aja lho kota yang bisa kalian eksplorasi di game ini.

Saya juga merasa wajib membahas gimana Dragon Raja ini gak nanggung-nanggung untuk urusan grafik khususnya masalah cutscene. Widih, ini beneran kayak film yang dimasukin ke dalam game deh. Penceritaan di game ini disuguhkan dalam cutscene-cutscene yang bikin kita kayak nonton film animasi.

Grafik Layaknya Film Animasi

Rasanya tu eman gitu kalau mau nyekip cutscene-nya karena ya, memang mantep banget. Gak bohong deh saya. Thumbs up lah buat urusan grafiknya. Keren banget ini mah. Tambahan lagi, game ini juga sudah menggunakan mekanisme pergantian siang malam dan cuacanya bisa berubah-ubah juga lho. Ntaps banget kan?

 

Audio

Buat masalah audio ini saya gak mau ngomong banyak-banyak sih. Secara keseluruhan, game ini udah punya kualitas audio yang keren. Kalau kalian mainin Dragon Raja ini pake headset atau earphone, kalian udah bakal bisa denger berbagai efek suara yang akan menambah pengalaman bermainnya.

Dialog dengan Voice Over

Contohnya aja nih pas kalian main dan cuaca lagi ujan, kalian bisa denger suara ujannya. Atau pas kalian lagi berantem, itu efek suara skill-skill berantem kalian juga udah joss banget. Jatohnya sensasi berantemnya jadi lebih eeemmh, lagi. Oiya, ada satu tambahan hal deh yang perlu saya omongin tentang aspek audio dari Dragon Raja ini.

Saya perlu ngasih jempol sama developer Archosaur karena effortnya buat make voice over alias pengisi suara karakter-karakternya khususnya pas lagi dialog. Itu beneran keren banget deh. Jadi dialog antar karakter itu bisa kerasa makin hidup. Intinya, buat urusan audio, game Dragon Raja ini idih kirin bingit lih alias udah keren banget lah. Hehehe.

 

Fitur

Hosh, aspek fitur ini nih yang jadi point utama di review ini. Jujur deh, saya belum pernah nemu game MMORPG dengan fitur sebanyak dan sedetail ini. Beneran fiturnya itu segambreng dan kayaknya kalau mau saya bahas satu persatu, artikel ini bisa panjangnya 1500 halaman ntar. Wahahaha. Lebay ya? Tapi beneran deh, fiturnya itu kaya banget. Saya coba bahas beberapa aja yang menonjol ya?

Dari awal deh, ketika kalian bikin karakter pas di awal, ada 4 class yang bisa kalian pilih, yaitu Blade Master yang kayak fighter atau tank, gunslinger yang kayak archer gitu, terus ada assassin, dan yang terakhir ada soul dancer yang kayak mage atau support. Masing-masing class itu bisa kalian pilih gendernya. Yap, game ini gak pake gender lock. Keren kan? Kalian bisa pilih cowok, cewek, atau malah lolita. Ehehehe.

Pilihan Class di Dragon Raja

Kemudian buat fitur kostumisasi karakternya. Walalalalah, kalian bakal bisa ngabisin banyak waktu hanya buat bikin karakter kalian deh. Kenapa kok bisa gitu? Soalnya detail kostumisasi karakter di game ini kompleeet banget. Kayaknya tiap bagian tubuh itu bisa kalian desain deh. Mulai dari rambut, warna rambut, bentuk rambut, terus mukanya bisa kalian utak-atik juga.

Contohnya matanya mau kayak gimana, ukuran matanya seberapa, jarak matanya seberapa, warna matanya, dan lain-lain. Kalian juga bisa nambahin aksen-aksen khusus di muka lho. Contohnya, mau pake tato apa gak. Terus bisa juga kalian kasih freckle-freckle gitu di muka yang bikin desain karakter kalian bakal lebih terlihat realistis.

Selesai sama muka, kalian bisa mulai ngurusin desain tubuh karakter kalian. Dan lagi-lagi, detailnya masih banyak banget. Kalian gak cuma menentukan tinggi badan karakternya, tapi kalian bisa juga menentukan seberapa panjang tungkai-tungkainya. Terus karakter kalian mau gemuk apa langsing?

Kostumisasi Karakter yang Detail

Besar lengan, kaki, lingkar perut, lingkar paha, itu bisa kalian atur semuanya. Bahkan, psssst, ukuran dada juga bisa kalian atur sesuka hati kalian lho. Hehehe, saya yakin kalau playernya cowok dan bikin karakter cewek pasti agak lama di bagian dada ini. Termasuk saya. Wahahahaha.

Bang Momoy, kalau aku gak mau terlalu lama ngurus kostumisasi karakternya gimana? Tenang aja, di game Dragon Raja ini kalian bisa menemukan preset desain karakternya kok. Jadi kayak udah disediakan gitu beberapa template desain karakter. Kalian bisa milih mana yang kalian suka. Atau kalau kalian mau sedikit melakukan kostumisasi di preset desain karakter itu juga bisa. Gampang dan mudah to?

Terus, di game ini kalian juga bisa berinteraksi dengan berbagai hal yang kalian temukan. Contohnya nih, kalian bisa duduk di kursi taman, make payung pas cuaca lagi hujan, make telpon umum, dan lain sebagainya.

Kalian juga bisa memodifikasi kendaraan kalian lho. Buat awal-awal sih kalian cuma punya motor sama kayak paragliding gitu. Tapi secara bertahap, nanti kalian bisa mengunlock lebih banyak kendaraan macam mobil, skateboard, dan lain-lain. Dan yap, kalian bisa mendandani kendaraan kalian itu kalau kalian udah nemuin bahan-bahannya. Wih, kalian yang hobi otomotif boleh lah ya nyobain fitur yang satu ini.

Modifikasi Motor di Dragon Raja

Terus kalau kalian lagi males berpetualang, kalian bisa kok melepas penat dengan berbagai fitur di game ini buat bersenang-senang. Salah satunya adalah fitur buat balapan. Yap, di game ini kalian bisa balapan juga lho. Ini kayak game di dalam game gitu. Sadis ya?

Fitur Balapan di Dragon Raja

Satu lagi fitur keren banget yang ada di game Dragon Raja adalah fitur karir. Ketika kalian udah level 40, kalian bisa mengunlock dua karir, yaitu jadi selebriti alias idol, atau kalian milih buat jadi chef. Ntar di level 60, bakal ada lebih banyak karir buat dicobain. Nah, kebetulan ini saya milih karir jadi idol.

Jadi Idol di Dragon Raja

Dan yap, ada banyak banget hal yang bisa kalian lakukan ketika jadi idol atau selebriti. Kalian bisa mulai ikutan audisi-audisi, terus kalian juga bisa meningkatkan status yang berhubungan dengan karir keartisan kalian. Contohnya, kalian bisa belajar dance, belajar nyanyi, dan lain sebagainya. Kalian juga bisa melakukan pentas buat menghibur orang-orang lho. Gila banget lah fitur yang satu ini. Detail banget gitu.

 

Kesimpulan

Nah, itu dia tadi deh review game Dragon Raja. Gimana? Mantep banget to game yang satu ini? Kalau saya diminta buat memberikan rating aspek-aspek game ini, buat urusan gameplay saya kasih nilai 9 dari 10, grafik saya kasih nilai 9 dari 10, audio saya kasih 8 dari 10, dan fitur saya kasih 9,5 dari 10. Hahaha.

Dah lah kawan-kawan gak usah ragu-ragu buat pra-registrasi game ini supaya kalau game-nya udah rilis di PlayStore Indonesia, kalian bisa langsung dapat notifikasi dan langsung bisa download.

Buat jadwal rilisnya sendiri saya kurang tahu ya? Saya tanya ke developernya, tadinya mereka bilang tanggal 1 Mei nanti. Tapi ternyata mereka berubah pikiran dan belum menentukan tanggal resmi rilisnya sampai sekarang.

Yang jelas, tanggal 13 Mei 2020 mendatang, Dragon Raja server Asia Tenggara akan membuka akses CBT atau closed beta test. Dan besar kemungkinan beta testernya ntar jumlah terbatas. Nah, saya kasih bocoran deh buat kawan-kawan yang pengen ngicipin beta testnya tanggal 13 Mei ntar.

Kalian follow aja fanpage Dragon Raja di Facebook karena info untuk CBT-nya ntar ada di sana. Kalian bisa cek www.Facebook.com/DragonRajaSEA. Jangan sampai ketinggalan CBT-nya ya?

Hosh-hosh-hosh, udah banyak nih saya ngomong tentang Dragon Raja ini dan sebenernya masih ada banyak hal keren lain tentang game ini. Tapi saya udah capek ngetik dan artikel juga udah panjang to? Jadi, saya sudahi sampai di sini aja ya?

Terima kasih buat kawan-kawan yang sudah menonton review Dragon Raja ini. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel yang lainnya. Byebye. Wassalamu’alaikum. Momoy Android Gamer, portalnya para penggemar game Android.

 

Game               : Dragon Raja

Size Download  : 1,54 GB, (Full Instalasi: 5,29 GB)

Offline/Online    : ONLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

PRA-REGISTRASI DRAGON RAJA – DI SINI

Momoyhttps://momoyandroidgamer.com
Seorang pria yang biasa-biasa saja. Asal dari Jogja. Sudah berkeluarga. Sudah memiliki satu putra. Main game Android dan blogging merupakan kegemarannya. ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BACA JUGA

6 Game Android Shooter Offline & Online Seru yang Mungkin Kamu...

0
 Kalau ngomongin game shooter di Android, walaaaah, uakeheeeee ora umum. Hampir tiap kali pas saya nyari-nyari game Android buat dibahas, pasti selalu adaaaa aja...

FOLLOW US

674FansLike
1,357FollowersFollow
296,000SubscribersSubscribe